Iklan

Manuver Amsakar Ahmad Jelang Pilkada Batam 2024, Berpotensi Melawan "Kotak Kosong"

Kamis, Juli 25, 2024 WIB Last Updated 2024-07-25T18:00:48Z
Advertisement
Wakil Walikota Batam, Amsakar Ahmad yang notabene calon Walikota Batam periode 2024-2029 yang sudah mengantongi rekomendasi dari 9 Partai.

Batam, pelitatoday.com - Pesta rakyat untuk memilih Walikota dan Wakil Walikota Batam periode 2024-2029 sudah di depan mata.


Namun, perhelatan pesta rakyat di Kota Batam pada 27 November 2024 mendatang berpotensi mengukir sejarah kandidat melawan "kotak kosong". Selain mengukir sejarah, juga menunjukkan kekompakan partai politik memutus harapan calon lain untuk ikut bertanding.


Hal ini sesuai dengan rekomendasi yang diterima pasangan Wakil Walikota Batam aktif saat ini, Amsakar Ahmad dengan kader Partai Gerindra, La Claudia Chandra yang notabene Ketua DPC Gerindra Tangerang Selatan (Tangsel) yang juga merupakan Wakil Ketua DPRD Tangsel.


Sesuai dengan catatan pelitatoday.com, Kamis (25/7/24), pasangan Amsakar - La Claudia Chandra sudah mengantongi rekomendasi dari sejumlah partai dengan perolehan kursi DPRD Batam sebanyak 32 kursi dari 50 kursi pada pileg tahun ini. Berikut rinciannya.


1). Nasdem (10 kursi)

2). Gerindra (7 kursi)

3). Golkar (6 kursi)

4). PKB (4 kursi)

5). Demokrat (2 kursi)

6). PSI (1 kursi)

7). PKN (1 kursi)

8). PPP (1 kursi)


Berdasarkan aturan dalam Undang-undang (UU) Pilkada Nomor 10 Tahun 2016 syarat pencalonan kepala daerah melalui parpol adalah dari parpol atau gabungan parpol yang memiliki kursi minimal 20 persen di DPRD provinsi maupun kabupaten/kota. Parpol maupun gabungan parpol juga bisa mengajukan calon kepala daerah dengan menggunakan gabungan perolehan suara parpol sebanyak 25 persen.


Tentu, koalisi yang dibangun oleh Amsakar - La Claudia Chandra hampir menuju titik melawan kotak kosong, hanya tertinggal Rekom PDIP (7 kursi), PKS (6 kursi) dan Hanura (2 kursi).


Padahal, selain Amsakar Ahmad, Wakil Gubernur Kepri aktif saat ini yakni Marlin Agustina Rudi sebelumnya sudah menyatakan siap maju dan mendaftarkan diri kepada sejumlah partai politik sebagai calon Walikota Batam periode 2024 - 2025.


Saat ini, nasib Marlin Agustina yang notabene istri Walikota Batam saat ini yakni Muhammad Rudi tinggal menunggu keputusan rekomendasi dari Partai PDIP, PKS dan Hanura. *


Penulis: Pino Siburian 

Advertisement

  • Manuver Amsakar Ahmad Jelang Pilkada Batam 2024, Berpotensi Melawan "Kotak Kosong"

Berita Lainnya

- Advertisement -

Ads x