Iklan

Pengendalian Inflasi, Marlin Tekankan Pentingnya Perkuat Kerjasama dan Bersinergi Dalam Menjalankan Kebijakan

Rabu, September 25, 2024 WIB Last Updated 2024-09-25T07:31:59Z
Advertisement

 

Plt Gubernur Kepri, Marlin Agustina Rudi.

Tanjungpinang - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Kepulauan Riau, Marlin Agustina mengajak seluruh pemangku kepentingan di Provinsi Kepulauan Riau untuk terus memperkuat kerjasama dan bersinergi dalam menjalankan kebijakan. 


Hal ini dilakukan demi terwujudnya kontribusi nyata bagi perekonomian dan pembangunan Provinsi Kepulauan Riau.


Pada hari pertamanya menjabat Plt Gubernur Kepulauan Riau, Marlin membuka secara resmi High Level Meeting dengan tema "Langkah-Langkah Strategis Dalam Upaya Pengendalian Inflasi Daerah dan Faktor-Faktor Penyebab Inflasi di Provinsi Kepulauan Riau" di Grand Eska Hotel, Rabu (25/9/2024).


Marlin mengatakan, sebagaimana diketahui bersama berdasarkan rilis Badan Pusat Statistik (BPS) bulan Agustus 2024, Provinsi Kepulauan Riau mengalami inflasi sebesar 2,64 persen (YoY). Dengan indeks harga konsumen sebesar 106,17.


Inflasi (Y-on-Y) Provinsi Kepulauan Riau terjadi karena adanya kenaikan harga yang ditunjukkan oleh naiknya tujuh indeks kelompok pengeluaran. Mulai dari kelompok makanan, minuman dan tembakau; kelompok pakaian dan alas kaki; kelompok perumahan, air, listrik dan bahan bakar rumah tangga.


Foto bersama (istimewa)

Selanjutnya, kelompok kesehatan; kelompok transportasi; kelompok penyediaan makanan dan minuman restoran; serta kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya.


Kelompok pengeluaran yang mengalami penurunan indeks, yakni kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga; kelompok informasi, komunikasi dan jasa keuangan; kelompok rekreasi; serta kelompok pendidikan.


Sementara, tingkat deflasi (m-to-m) Provinsi Kepulauan Riau bulan Agustus 2024 sebesar 0,04 persen. Deflasi terjadi karena penurunan Indeks Harga Konsumen (IHK) dari 106,21 pada Juli 2024 menjadi 106,17 pada Agustus 2024. Sedangkan tingkat inflasi year to date (y-to-d) sebesar 0,97 persen.


"Oleh karena itu, dengan adanya kegiatan ini, saya mengharapkan agar kita bersama-sama melakukan langkah strategis kebijakan dan upaya pengendalian inflasi daerah. Tak kalah penting juga, faktor-faktor penyebab inflasi di Provinsi Kepulauan Riau," ujar Marlin.


Atas nama Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, Marlin Agustina menyampaikan terima kasih yang tak terhingga kepada para narasumber dan seluruh peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut. 


Kepada narasumber dan peserta, ia mengajak untuk menjalin komunikasi dalam menciptakan inovasi. Serta berkomitmen dalam menjalankan kegiatan membangun Provinsi Kepulauan Riau yang lebih baik kedepannya.


"Mudah-mudahan semua yang kita lakukan untuk masyarakat, khususnya di Provinsi Kepulauan Riau yang kita cintai ini, diridhoi oleh Allah," tutupnya. (*)

Advertisement

  • Pengendalian Inflasi, Marlin Tekankan Pentingnya Perkuat Kerjasama dan Bersinergi Dalam Menjalankan Kebijakan

Berita Lainnya

- Advertisement -

Ads x